Scroll untuk baca artikel
Alaku
Alaku
Alaku
Berita

OJK Bersma Anggota DPR-RI Sosialisai Cara Mengelola Keuangan

20
×

OJK Bersma Anggota DPR-RI Sosialisai Cara Mengelola Keuangan

Sebarkan artikel ini

Muratara, (bbjnetwork) – H Fauzi Amro anggota DPR-RI dari komisi XI bersama dengan mitra kerjanya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerjasama dengan Yayasan Safa Bakti Nusantara kembali melakukan penyuluhan Tips Pengelolaan Keuangan yang baik kepada masyarakat Kabupaten Muratara, Propinsi Sumatera Selatan, Senin (22/1/2023).

Melalui kegiatan Edukasi dan Sosialisasi (Edu-sos) yang terus digalakkan oleh H Fauzi Amro dan OJK, masyarakat diajak untuk menjadi makin pintar dan cerdas menggunakan uang dan penghasilannya. Setelah menjadi pintar dan cerdas, maka akan menjadi bijak. Dan jika sikap tersebut sudah terwujud, maka masa depan akan menjadi lebih dapat dipersiapkan dan sejahtera.

“Mengelola keuangan demi masa depan bukanlah sesuatu hal yang sangat rumit dan sulit Untuk dilakukan. Hal tersebut dapat dilakukan, salah satunya dengan apa yang disebut dengan aktivitas Perencanaan Keuangan (Financial Planning),” jelas Hendra ketua Yayasan Bakti Nusantara kepada masyarakat Kecamatan Rawas Lulu

Sebelumnya Hendra juga menyampaikan duka yang mendalam atas bencana alam yang menimpah masyarakat Kabupaten Muratara, “Bencana ini merupakan kehendak dari tuhan, dengan kejadian ini kita bersyukur dan ikhlas semogah ada hikmahnya di balikse semua ini,” ungkap Hendra.

Selain itu dirinya juga menjelaskan, pengelolaan keuangan adalah sebuah cara mengelola uang yang diperoleh selama masa produktif sedemikian rupa, sehingga kebutuhan dan keinginan hari ini tercukupi dan sementara itu kebutuhan serta keinginan masa depan tersiapkan. Menurutnya pengelolaan keuangan adalah cara menikmati hidup saat ini dengan selalu memperhatikan hidup masa depan terlebih dahulu.

“Ya, pengelolaan keuangan adalah tentang cara mengendalikan diri dalam memanfaatkan dan menggunakan penghasilan setiap bulan/setiap kali diterima, dengan selalu menyisihkan terlebih dahulu bagi kebutuhan dan keinginan masa depan, sebelum memenuhi kebutuhan dan memuaskan keinginan hari ini,” paparnya.

Pengelolaan keuangan adalah tentang menyisihkan penghasilan dan mengelolanya atau menginvestasikannya untu menghasilkan return (tingkat pengembalian) yang tingginya mengalahkan inflasi.

Pengelolaan keuangan adalah tentang cara kita menjalani hidup setiap hari, dengan senantiasa memperhatikan penghasilan yang kita peroleh dalam waktu terbatas, untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan sepanjang perjalanan hidup kita hingga usia berakhir.

Wina Kumala Sari warga Kecamatan Rawas Ulu menyampaikan terimakasihnya kepada H Fauzi Amro dan OJK yang selalu memberikan pemahaman kepada masyarakat tetang bagai mana cara mengelola uang dengan baik.

“Selama ini kami tidak tau pak cara mengelola uang, jadi kami selama ini tidak mencatat penghasilan yang masuk dan penghasilan yang keluar, kalau seperti ini kami menjadi paham pak,” ucapnya. (BBJ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Alaku